Jumat, 08 Januari 2016

CONTOH WAWANCARA




Penanya          : “Assalamualaikum..”
Narasumber    : “Waalaikumsalam..”
Penanya          : “Maaf mengganggu sebentar, Pak.”
Narasumber    : “Iya, ada apa ?”
Penanya          : “Saya dari jurusan Bahasa Indonesia. Jika Bapak tidak keberatan, boleh saya mengajukan beberapa pertanyaan untuk wawancara ?”
Narasumber    : Oh, ya, boleh.
Penanya          : Maaf sebelumnya, nama Bapak siapa ?
Narasumer      : “Panggil saja Darsono.”
Penanya          : “Kalau boleh tahu, berapa usia Bapak sekarang ?”
Narasumber    : “Oh..ya, usia saya 30 tahun.”
Penanya          : “Dimanakah alamat Bapak tinggal ?”
Narasumber    : “Saya tinggal di Mekar Jaya, Baregbeg, Ciamis.”
Penanya          : “Sudah berapa lamakah Bapak menjalani profesi satpam di kampus UNIGAL ?”
Narasumber    : “Saya bekerja disini kurang lebih sudah lima tahun.”
Penanya          : “Lalu bagaimana perasaan Bapak sendiri bekerja disini ?”
Narasumber    : “Ya, dinikmati saja. Soalnya kerja itu kan sama-sama sambil ibadah lah, jangan dilihat kita posisi kerjanya, kita juga sedikit-sedikit sambil ibadah. Ibadah kan gak terus ke masjid, karena ibadah itu banyak macamnya, termasuk membantu orang menyeberang lalu lintas. Walaupun bekerja pada kampus unigal, bukan berarti hanya menjaga wilayah kampus dan untuk mahasiswa saja, melainkan warga yang ada disekitar juga dibantu. Soalnya posisi kita kan di keamanan, jadi untuk mengamankan bersama, membantu, dan mengayomi masyarakat.”
Penanya          : “Bagaimana dengan waktu kerjanya ? Apakah Bapak bekerja setiap hari ?”
Narasumber    : “Ya, saya bekerja setiap hari. Tapi kalau yang lain sistemnya rolling.”
Penanya          : “Maksud dari sistem rolling itu bagaimana Pak ?”
Narasumber    : “Jadi sistem rolling itu, mereka bekerja secara 24 jam dari jam tujuh pagi sampai jam tujuh pagi lagi.”
Penanya          : “Bagaimana cara Bapak bekerja ? Selain mengamankan kampus juga mengayomi masyarakat ?”
Narasumber    : “Cara kerjanya sederhana saja, disini kan ada beberapa rekan yang sedang bekerja juga. Jadi kami melakukan pengawasan, pengamanan, dan lain sebaginya menggunakan alat komunikasi. Kami bekerjasama dalam berpatroli.” 
Penanya          : “Maaf, Pak, jika saya boleh tahu, berapa upah yang Bapak terima ?”
Narasumber    : “Ya kalau mengenai upah disesuaikan dengan UMR saja. Kalau yang sudah dapat TBP dengan yang lain-lainnya  pendapatan per bulan bisa diatas 1jt.”
Penanya          : “Apakah Bapak sudah berkeluarga ?”
Narasumber    : “Ya, saya sudah berkeluarga, mempunyai satu istri dan alhamdulillah di karuniani tiga orang anak laki-laki.”
Penanya          : “Alhamdulillah, kalau begitu saya ucapkan terima kasih Bapak telah berkenan meluangkan waktunya. ”   
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar